yuk, mancing ke laut !


Kondisi laut saat ini mulai memungkinkan untuk pergi memancing. Mulai banyak mania yang sudah tak sabar ingin segera turun kelaut. Sama halnya dengan mania-mania mancing lainnya yang juga ingin merasakan suasana mancing dilaut.
Beberapa macam tekhnik yang bisa digunakan kala mancing dilaut mulai dari tekhnik mancing dasar (bottom), koncer, casting, trolling, popping, hingga jigging. Berikut kamicoba jabarkan sedikit bagaimana memancing dilaut menggunakan rangkaian senar pancing.

Mancing dasar (bottom) dan mancing pinggiran
Mancing dengan menggunakan tekhnik mancing dasar (bottom) merupakan tekhnik mancing yang paling mudah untuk mancing dilaut. Anda tinggal membuat rangkaian pancing dasar dan memasang umpan alami yang digunakan seperti udang hidup/mati/kupas, cumi irisan/utuh, ikan-ikan umpan (seperti tembang, selar belanak dan lainnya) potongan/utuh dan masih banyak lagi umpan alami lainnya.
Gunakan piranti mancing yang harus disesuaikan dengan target ikan yang akan ditangkap. Seperti misalnya saat mancing dipinggiran laut, perkirakan target maksimal yang bisa ditangkap maksimal 3 kilogram. Bisa menggunakan senar berukuran 4 hingga 8 lbs dengan pancing nomor 5 hingga 7.
Namun jika ikan target diperkirakan berukuran lebih dari 5 kilo bahkan berukuran lebih besar lagi, siapkan saja piranti mancing anda dengan ukuran yang lebih besar lagi.

Mancing Koncer
Mancing dengan menggunakan umpan hidup seperti tembang, selar, belanak dan lainnya dalam keadaan hidup dan ditancapkan pada pancing. Teknik bertujuan agar umpan dapat bergerak leluasa mengikuti arus hingga menarik perhatian ikan target.
Set ukuran drag ril anda agak kendur, hal ini untuk mengantisipasi senar tegang secara tiba-tiba apabila ikan yang menyambar umpan berukuran besar. hentakkan sedikit joran anda agar pancing yang menancap dimulut ikan terjadi hook-up yang sempurna.

Mancing kasting
Teknik menggunakan umpan buatan seperti lure, minnow dan sebagainya yang membutuhkan lider ukuran 6-12 lbs atau sesuai kebutuhan yang diikiat langsung pada umpan buatan baik menggunakan kili-kili, snap (peniti) bahkan tanpa samasekali.
Lemparkan umpan buatan anda ketitik dimana ikan berada, gulung senar secara perlahan, buatlah semacam irama tarikan senar agar umpan terlihat berenang dan bisa menarik perhatian ikan sasaran.

Mancing trolling

Teknik ini adalah umpan yangdigunakan (baik umpan alami maupun umpan buatan) dipasangkan pada kapal/perahu yang berjalan, hanya saja senar atau kawat neklin yang digunakan disesuaikan dengan ikan target. Lider dan ikatan yang digunakan pada umpan berbeda-beda sesuai dengan umpan yang digunakan baik pada umpan buatan maupun umpan jahit pada umpan alami seperti ikan tongkol, golok-golok/parang-parang dan lainnya.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites