Lobster Air Tawar


Lobster air tawar ternyata pilih-pilih untuk berkelahi dan mungkin mengenal muka rivalnya. Hal tersebut diungkapkan para peneliti Australia yang mempelajari perilaku lobster Australia dari spesies cherax destructor.
Selama ini, lobster air tawar dikenal sebagai hewan yang suka berkelahi setiap kali bertemu satu sama lain sehingga peternak harus jeli dan hati-hati mengatur kolam pemeliharaannya. Setelah mengamati beberapa kali konflik tersebut, para peneliti memisahkan lobster-lobster yang kalah.
Masing-masing kemudian dihadapkan kepada dua kelompok lobster, lobster-lobster yang menang dan lobster-lobster baru. Lobster yang menang dibedakan dengan lobster baru dengan pewarna kuning diwajahnya.
Hasilnya, lobster-lobster yang kalah lebih menyukai lawan berkelahi yang sudah dikenalnya daripada lawan baru. Hal tersebut menunjukan bahwa lobster air tawar dapat mengenali wajah lawannya.
Bahkan, lobster juga dapat memilih lawan yang sudah dikenalnya meski dihadapkan pada dua lobster lainnya yang kembar identik. Bagi manusia, mengenali perbedaan kembar identik saja termasuk sulit kalau hanya dari melihat wajahnya saja.
"Ini menunjukkan bahwa mereka saling mengamati satu sama lain lebih dari yang kita pikirkan." kata Blair Patullo, pakar hewan dari Universitas Melbourne, Australia. Temuan ini dapat membantu para peneliti mengembangkan sistem pengenal wajah, misalnya pada robot.

1 comments:

Cara mancingnya lobster air tawar gimana nih gan? mau trip fresh water target lobster gak tau umpannya pakek apa

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites